Iriana Jokowi Buka Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara Tahun 2024

oleh -492 Dilihat

Jakarta,Suronews.com – Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin, dan para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) secara resmi membuka Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara Tahun 2024. Perlombaan tersebut digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini secara resmi saya mulai Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara Tahun 2024,” ucap Ibu Iriana dan Ibu Wury secara bersama-sama membuka perlombaan.

Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Tri Tito Karnavian menjelaskan, lomba senam kreasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar OASE. Pada ajang perlombaan ini, OASE juga bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Perwosi.

“Lomba Senam Kreasi Piala Ibu Negara ini adalah kegiatan rutin dari OASE yang bekerja sama dengan Kemenpora dan Perwosi. Piala Ibu Negara ini diperebutkan tiap tahun dan ini sudah berlangsung yang ketiga kali,” ujar Tri.

Adapun tahun ini, Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara mengusung tema “Senam Kreasi Wujud Semangat dan Kreativitas Olahraga Perempuan Indonesia, Keluarga Indonesia Sehat”. Sementara unsur penilaian lomba meliputi kreativitas, kekompakan, keserasian gerak, dan kostum yang dikenakan.

Tri mengatakan, tahun ini lomba tersebut diikuti oleh 46 tim terdiri dari 305 orang yang berasal dari 34 provinsi. “Pesertanya seluruh provinsi saat ini ada 46 tim. Mereka adalah seleksi dari setiap provinsi. Senam kreasi ini sendiri menampilkan gerakan-gerakan yang diiringi musik ada unsur daerahnya,” jelasnya.

“Kita mengharapkan mereka bisa menampilkan kearifan lokal masing-masing,” lanjutnya.

Ketum Perwosi berharap, ajang perlombaan ini dapat menumbuhkan semangat olahraga di masyarakat khususnya perempuan. Apalagi jenis olahraga senam, menurut Tri, dapat dilakukan secara beramai-ramai mulai dari tingkat kelurahan hingga provinsi. “Sehingga menimbulkan kecintaan olahraga terutama di perempuan karena perempuan ini adalah nanti ibu-ibu yang mengatur rumah tangganya, sehingga keluarganya senang berolahraga,” katanya.

Diketahui, lomba ini melibatkan lima orang juri yang berasal dari kalangan profesional senam kreasi dan penggiat olahraga. Mereka di antaranya narasumber penjurian senam kreasi, organisasi estafet Indonesia Dra. Flavia Domitilla Jovita Respati: Creative choreographer, organisasi FOKBI (Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia) Kartini Lolina Hutajulu: Pelatih Senam Kebugaran, organisasi IOSKI (Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia) Amalya Avryana: Pelatih senam kebugaran, organisasi Fitsquad Community – Sistya Windasari: Pelatih Senam Kebugaran, Dewinata Gymnastic School Dwi Suci Mustikawati.

Setelah melalui proses penilaian, tim juri memutuskan 8 pemenang di antaranya Juara 1-3, Juara Harapan 1-3, Juara Favorit, dan Kostum Terbaik. Adapun Juara 1 diraih oleh Perwosi Sulawesi Selatan, Juara 2 Maluku 2, dan Juara 3 Horas Team. Kemudian Juara Harapan 1 diraih Jawa Timur 1, Juara Harapan 2 Srikandi Jateng 1, dan Juara Harapan 3 Perwosi DKI Jakarta. Selanjutnya, Juara Favorit diraih oleh Papua Pegunungan 1 dan Juara Kostum terbaik dimenangkan oleh Perwosi D.I. Yogyakarta…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.