PJ Bupati Memimpin Apel MPLS SMA N 3 Cilacap, Harapkan Pendidikan Karakter Yang Kuat

oleh -897 Dilihat

CILACAP –  Penguatan karakter bagi generasi muda menjadi bahasan hangat dan perlu dilakukan pada sekarang ini. Setidaknya itulah yang tersirat dari sambutan Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri saat memimpin apel MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMA N 3 Cilacap, Senin (22/7/2024).

Pj Bupati mengatakan, banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Cilacap melalui pendidikan karakter yang kuat. Di antaranya adalah pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan (PPKSP), sekolah tanpa rokok, sekolah anti narkoba, sekolah ramah anak dan sekolah aman bencana.

“Selain itu, sekolah juga dituntut mewujudkan sekolah anti korupsi, sekolah sehat melalui gerakan sekolah sehat dan juga sekolah adiwiyata serta sekolah unggul dan berprestasi melalui lomba-lomba akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek melalui Perpusnas dan BPTI,” katanya.

Pj Bupati juga meminta untuk dilakukan pembiasan baik di satuan pendidikan seperti senyum, salam, sapa, sopan dan santun (5S). Kegiatan kurikuler baik ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler juga harus bertumpu pada penguatan karakter dalam rangka implementasi dari kurikulum merdeka.

“Demikian pula semboyan dengan Ki Hajar Dewantara harus diaplikasikan yaitu Ing Ngarso Sung Tuladha (Di depan memberi contoh), Ing Madya Mangun Karsa (Di tengah memberi dorongan) dan Tut Wuri Handayani (Di belakang mengikuti),” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati juga memberikan informasi terkait gelaran Pilkada 27 November 2024 mendatang. Ada sebagian dari siswa yang telah memiliki hak pilih sehingga perlu diberikan pendidikan dan pengetahuan bahwa gelaran Pilkada harus berjalan Luber Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil).

“Pemilih pemula harus diberi pengertian bahwa proses pemilihan harus berjalan dengan Luber Jurdil sehingga terpilih pemimpin yang akan membawa Cilacap ke arah yang lebih baik,” tutupnya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.