Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si bertindak selaku Inspektur upacara di lapangan lembah hijau

oleh -340 Dilihat

Bau Bau – Upacara memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Baubau tahun 2024 berlangsung khidmat dan lancar. Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si bertindak selaku Inspektur upacara di lapangan lembah hijau pada Sabtu (17/8/2024).

Upacara yang dilaksanakan pukul 09.00 Wita pagi dan berakhir pukul 11.00 Wita diawali dengan membunyikan sirine selama 60 detik. Kemudian, pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Baubau H Zahari, SE, pembacaan doa oleh Ka Kemenag Baubau H Mansur, S.Pd, MA, pengibaran bendera merah putih oleh 71 pasukan pengibar bendera pusaka, dan aubade menyanyikan lagu-lagu perjuangan oleh siswa dan siswi SMAN 1 Baubau.

Ada juga acara tambahan berupa penyerahan bantuan pengadaan 6 buah mobil kepada 6 Puskesmas oleh Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si.

Penampilan Polisi Cilik dari MIN Baubau, aksi marching band dari SMAN 2 Baubau, SMPN 1 Baubau dan SMPN 18 Baubau.

Dalam keterangan persnya usai upacara bendera, Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi yang didampingi Forkompinda mengatakan, Baubau hari ini sudah membuktikan dirinya sebagai wilayah konektivitas di Sulawesi Tenggara bahkan di Indonesia timur. Secara ekonomi terus berkembang, terus tumbuh dan bulan terakhir dievaluasi nilai kans ekonomi dibawah dua persen.

Selain itu, Kota Baubau terus menempatkan diri sebagai penggerak ekonomi, secara sejarah bukti kewilayahan geo strategis, Baubau dipersiapkan sebagai wilayah yang akan menggerakkan ekonomi Sulawesi tenggara Kepulauan.

“Baubau sudah kita tuangkan visi jangka menengah dan jangka panjang sebagai Hub Maritim, Hub Maritim itu adalah wilayah yang menghubungkan satu titik dengan titik yang lainnya dengan kekuatan ekonomi maritimnya, Maritim itu ada 11 cluster, Hub Maritim plus cluster dari perikanan hingga pertahanan dan keamanan,”ungkapnya.

Ditambahkan, Hub Maritim Baubau juga mendukung pembangunan nasional sebagaimana di dalam dokumen pembangunan nasional telah menempatkan Baubau sebagai salah satu simpul pembangunan maritim di Indonesia.

Dan sudah disepakati dengan wilayah sekitarnya, bahwa membangun wilayah bukan Baubau saja tetapi melibatkan wilayah sekitarnya, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Buton Selatan dan Wakatobi.

Lebih lanjut dijelaskan, Hub maritim yang dimaksud, yaitu dengan membangun konektivitas dengan wilayah sekitarnya, ada 4 hal yang disiapkan dan terus dorong yaitu konektivitas darat, konektivitas laut, Konektivitas udara dan konektivitas digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.