Soroti Pilkada Muba, Pengamat Hukum : Saatnya Muba Punya Pemimpin Bersih

oleh -1123 Dilihat

Musi Banyuasin,Suronews.com -Kontestasi Pilkada Serentak 2024 segera digelar, Pendaftaran Calon Kepala Daerah telah dilewati beberapa waktu lalu. Kabupaten Musi Banyuasin termasuk Daerah yang turut dalam Penyelenggaraan Pilkada 2024. Pendaftaran Calon Kepala Daerah Musi Banyuasin diketahui diisi oleh 2 Pasangan Calon.

Dua pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Musi Banyuasin yakni Hj Lucianty/Syaparuddin dan HM Toha Tohet/U Rohman dipastikan bertarung di Pilkada Muba 2024.

Hal itu setelah hingga batas akhir pendaftaran peserta Pilkada Muba 2024, pada Kamis (29/8/2024) tidak ada lagi tambahan pendaftar selain keduanya.

Ketua KPU Musi Banyuasin M Sigid Nugroho menyebutkan, kedua pendaftar itu sudah memenuhi syarat pendaftaran dan dinyatakan lengkap.

Kurnia Saleh, Ahli Hukum Termuda Mahkamah Konstitusi yang berasal dari Sumatera Selatan turut menyoroti dan memberi komentar terhadap penyelenggaraan Pilkada di Sumsel, termasuk di Musi Banyuasin, pada Minggu (15/09/2024).

Awak media menanyakan bagaimana kriteria ideal sosok pemimpin yang memimpin Musi Banyuasin ke depan.

“Muba punya track record pemimpin bermasalah dengan hukum. Tentu yang harus memimpin Muba ke depan adalah yang bersih dari beban masa lalu khususnya beban permasalahan hukum.”Ujar Kurnia

Kandidat Doktor Hukum Unsri ini Melanjutkan, “Masyarakat punya hak mendapat pemimpin yang bersih, yang punya komitmen memberantas korupsi dan mengharumkan kembali nama baik Muba dalam komitmen pemberantasan korupsi.”Sambungnya

“Sekarang era keterbukaan informasi, masyarakat bisa cek bagaimana track record masing masing calon, dari situ masyarakat bisa menilai siapa yang paling berkomitmen untuk memajukan muba dan komitmen untuk tidak korupsi”Ujar Kurnia

Kurnia melanjutkan,”Korupsi ini tindak pidana serius dan berdampak masif, ketimpangan dan kesenjangan sering terjadi di daerah kaya termasuk di Muba, indeks kesejahteraan masyarakatnya tergolong rendah padahal sumber daya alam nya melimpah.

Hal ini karena disebabkan perilaku pemimpin yang koruptif di pemerintahan”

Jadi kalau Masyarakat Muba menginginkan Good Governance di tubuh pemerintahan Muba, Pilih Pemimpin yang Punya semangat memberantas korupsi dan memberantas perilaku koruptif. Karena tidak korup adalah nyawanya Pengelolaan Pemerintahan Yang Baik”Tutup Kurnia yang juga Direktur LBH Qisth ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.