Sebanyak 236 Pendaftar Capim KPK Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi

oleh -513 Dilihat

Jakarta – Sebanyak 236 pendaftar calon pimpinan (capim) KPK telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Delapan di antaranya berasal dari kalangan internal KPK.

“Terkonfirmasi ada delapan insan KPK yang lulus seleksi administrasi sebagai calon pimpinan KPK,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (24/7/2024).

Dari delapan kalangan internal KPK itu, dua di antaranya berstatus pimpinan KPK. Tiga orang menjabat deputi, satu orang sebagai kepala satgas, satu orang pejabat Fungsional Analisis, hingga Sekjen KPK.

Berikut nama namanya :

1. Fungsional Analisis Pemberantasan Korupsi Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK RI, Anna Devi.

2. Sekretaris Jenderal KPK Cahya Hardianto Harefa

3. Kepala Satgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK Dian Patria

4. Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Didik Agung Widjanarko

5. Wakil Ketua KPK Johanis Tanak

6. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

7. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan

8. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana

Pansel Bakal Libatkan PPATK-BIN Cek Rekam Jejak

Sebanyak 236 orang lulus seleksi administrasi calon pimpinan (capim) KPK dan 146 calon anggota Dewas KPK. Pansel KPK mengatakan akan menyerahkan nama-nama pendaftar yang lulus itu ke sejumlah lembaga negara untuk dicek rekam jejak.

“Kita nanti kasih mulai PPATK, KPK, Kapolri, BIN, Kejaksaan termasuk lembaga auditor BPKP, BPK, semuanya, termasuk masyarakat. Semua akan kita pelajari semua sebagai bahan kami untuk menilai,” kata Ketua Pansel KPK, Muhammad Yusuf Ateh, di gedung Setneg, Jakarta Pusat.

Ateh mengatakan pihaknya juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan terkait rekam jejak para pendaftar capim dan cadewas KPK. Pansel memastikan akan memperhatikan tiap masukan masyarakat.

“Sangat penting (masukan masyarakat). Nanti kami dalam rangka melihat rekam jejak kami menggunakan institusi pemerintah semua tapi masyarakat juga terlibat. Nanti kami gabungkan dengan informasi dari masyarakat,” katanya.

Tanggapan dari masyarakat itu mulai bisa dikirimkan sejak hari ini hingga 24 Agustus mendatang. Masyarakat bisa mengirimkan masukan ke pansel melalui situs hhtps://apel.setneg.go.id, atau email ke [email protected] dan [email protected].

Total ada 236 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebagai calon pimpinan KPK. Jumlah tersebut berasal dari 318 orang yang mendaftar sebagai calon pimpinan KPK sejak pendaftaran dibuka pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024.
Ada 74 persen tingkat persentase kelulusan capim KPK di tahapan seleksi administrasi.

Sementara itu, untuk anggota Dewas KPK, Pansel mencatat ada 146 orang dinyatakan lolos administrasi. Angka itu berasal dari 207 orang yang mendaftar sebagai calon anggota Dewas KPK.

Dari jumlah komposisi, ada 221 pendaftar laki-laki yang dinyatakan lulus seleksi administrasi calon pimpinan KPK, sementara perempuan berjumlah 15 orang. Di komposisi calon anggota Dewas KPK, ada 130 pendaftar laki-laki yang dinyatakan lulus dan 16 orang perempuan.

Para pendaftar yang lulus seleksi administrasi ini akan mengikuti tes berikutnya, yaitu tes tertulis. Kegiatan tersebut akan digelar di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.