Meriahkan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Komunitas Gateball Kementerian PUPR Gelar Turnamen Terbuka

oleh -841 Dilihat

Depok,Suronews.com – Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Komunitas Gateball Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Turnamen Terbuka Piala Komunitas Gateball Kementerian PUPR Tahun 2024. Pembukaan turnamen ditandai dengan pemukulan bola oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR Dadang Rukmana di Lapangan Poncol, Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/8/2024).

Dadang Rukmana mengatakan penyelenggaraan Turnamen Piala Komunitas Gateball Kementerian PUPR ini sangat berkontribusi dalam mempertahankan eksistensi olahraga Gateball di Indonesia.

“Dengan even seperti ini Saya sangat mengapresiasi Gatebal terus dimasyarakatkan, saya sangat bangga Gateball sekarang sudah menjadi bagian dari PON, ini suatu langkah luar biasa. Mungkin nanti di level lebih tinggi Asian Games hingga Olimpiade,” kata Dadang Rukmana.

Menurut Dadang, pertumbuhan olahraga Gateball sangat pesat, tetapi masih perlu diakselerasikan dengan lebih luas. Misalnya melalui Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) untuk mengadakan Turnamen Gateball antar Kementerian/Lembaga.

“Saya kira ada beberapa keuntungan dalam pertandingan Gateball, seperti memupuk ketajaman berkonsentrasi dan memupuk kemampuan berstrategi, ini semua masuk dalam kategori kompetensi hard skill dan soft skill dalam BPSDM,” kata Dadang Rukmana.

Dadang Rukmana berharap ajang turnamen olahraga Gateball seperti ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga untuk menjalin tali silaturahmi antar pegiat Gateball.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Puja Sumedi menyampaikan apresiasi penyelenggaraan Turnamen Gateball sebagai bagian dari pembinaan atlet sekaligus memperkenalkan Cabang Olahraga Gateball kepada masyarakat.

“Tadi juga disampaikan ketua pelaksana menggandeng UMKM di lingkungan sini untuk memeriahkan turnamen, saya sangat mengapresiasi sekali,” kata Puja.

Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Terbuka Piala Komunitas Gateball Kementerian PUPR Tahun 2024 Emanuel Pati Libak mengatakan Turnamen Gateball ini diikuti oleh 48 tim dengan total sekitar 384 atlet dari seluruh Indonesia. Turnamen ini diselenggarakan 2 hari pada Sabtu-Minggu 3-4 Agustus 2024.

“Turnamen ini menjadi agenda rutin tahunan. Semoga tahun depan kita tidak hanya di Jabodetabek, tetapi fokus untuk daerah,” kata Emanuel.

Sebagai Wakil Ketua Umum Komunitas Gateball Kementerian PUPR, Emanuel berharap sebagai upaya pembinaan cabang olahraga Gateball, tidak hanya memperbanyak pertandingan-pertandingan Gateball, tetapi juga mengenalkan olahraga Gateball di tingkat usia dini, misalnya memasukkan olahraga Gateball dalam ekstra kulikuler di sekolah-sekolah.

“Memang Gateball ini sudah saatnya masuk dalam Ekstra Kulikuler sekolah, khususnya di tingkat Sekolah Dasar, kalau di Perguruan Tinggi masuk dalam mata kuliah,” kata Emanuel..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.