Perjalanan Panjang Dirjen Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya

oleh -107 Dilihat

Jakarta — Inilah Perjalanan Panjang Virgo Eresta Jaya lahir di Kendari pada tanggal 16 September 1969. Ia meraih gelar Insinyur dari Fakultas Teknik Geodesi di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1992.

Kemudian memulai karier di Badan Pertanahan Nasional (kini Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) pada tahun 1993 dengan mengawali tugas sebagai CPNS penempatan kerja di Direktorat Pengukuran dan Pemetaan Deputi Bidang Informasi Pertanahan.

Ia sempat diberikan kepercayaan dari Lembaga untuk menimba ilmu di The University of New South Wales, Australia dengan Program Studi Land Administration dan pada tahun 1998 dan mendapat gelar Master of Engineering Science (M.Eng.Sc.).

Selama 29 tahun di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, ia dipercaya untuk meduduki jabatan struktural di berbagai seksi dan unit kerja yaitu dimulai tahun 2001-2004 Kepala Seksi Pemetaan dan Integrasi Peta Direktorat Pengukuran dan Pemetaan Deputi Bidang Informasi Pertanahan, kemudian pada unit kerja yang sama dilantik menjadi Kepala Bidang Survey dan Pengukuran dan Pemetaan tahun 2004-2006.

Tahun 2006-2011 menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Penilaian Bidang Tanah pada Direktorat Survei Potensi Tanah. Tidak hanya di unit kerja pusat saja berkarier, tetapi ia di berikan juga tugas sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kota Batam (2011-2013) dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya II (2013-2016), selanjutnya sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Pertanahan dan Tata Ruang pada Sekretariat Jenderal

Selain jabatan tersebut, ia pun di berikan kepercayaan promosi menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama untuk menduduki sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang pada Direktorat Jenderal Tata Ruang (2016-2018), Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan yang sekarang bernomenklatur Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Sekretariat Jenderal (2018-2019), dan sempat menjadi Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur (2019-2020) dimana saat itu jabatan defiitifnya adalah Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Virgo Eresta Jaya, selain memiliki sepak terjang karier di berbagai posisi dan tempat, ia juga banyak mengikuti berbagai Diklat, antara lain Diklat Struktural di Lembaga Administrasi Negara dan juga Diklat Teknis/Fungsional di berbagai tempat baik di dalam maupun di luar negeri yaitu Reform Leader Academy Training di Lembaga Administrasi Negara; Essential Finance for Non Finance Training; Financial Analist I di Unversitas Bina Nusantara; Swedia & China terkait Land Management; Land Adminstration and Build Environments di Putri Jaya, Malaysia; Indonesia Under Water Surveying; ERDAS Remote Sensing and Photogrametry; dan juga di internal lembaganya sendiri yaitu di Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPN RI. tentang Sistem Pengendalian Pemerintah dan Pengadaan Tanah.

Ia juga mendapat penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, Satya Lancana X tahun (2009) dan Satya Lancana XX Tahun (2017). Berkat keberhasilan dan pengalaman kerja yang pernah menjabat di berbagai posisi, serta berbagai pelatihan yang pernah diikuti, tahun 2021 sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 110/TPA/TAHUN 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, ia diberikan amanat untuk dilantik oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional sebagai Staf Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Bidang Teknologi Informasi, dan tidak hanya amanah itu saja yang diberikan, terhitung Januari 2022 hingga saat ini juga sebagai Pejabat Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Survei Pengukuran dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang dimana sebelumnya diemban oleh Adi Darmawan yang sudah purna tugas terhitung mulai tanggal 1 Januari 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.